Apakah Agama Baik atau Jahat?

Ilmuwan dan ateis Richard Dawkins ditantang pada apakah agama adalah kekuatan untuk kebaikan atau kejahatan di dunia. Dengan masalah utama meliputi fanatisme, fundamentalisme, takhayul dan kebodohan, agama semakin buruk pers hari ini. Dan banyak konflik di dunia, dari Timur Tengah ke Nigeria dan Myanmar, sering disalahkan pada agama.

Tapi bagaimana hal-hal dari perspektif yang berbeda? Beberapa pembela agama klaim Adolf Hitler adalah seorang ateis. Komunisme di bawah Joseph Stalin, Pol Pot atau Mao Zedong dilarang agama, tetapi juga membantai jutaan. Dan ilmu pengetahuan membawa kemajuan luar biasa dan menakjubkan, tetapi juga polusi dan bom atom.

Seorang kritikus dogmatisme agama, Profesor Richard Dawkins merevolusi genetika pada tahun 1976 dengan terbitnya The Selfish Gene. Dia telah menulis 12 buku terlaris lagi, termasuk The God Delusion yang terjual jutaan eksemplar, diterjemahkan ke dalam lebih dari 30 bahasa, dan terlempar ke posisi terkemuka dunia ateis.

Mehdi Hasan tantang biologi evolusioner Richard Dawkins di Oxford Union di depan audiens yang bervariasi dan hidup.

Dalam terang dan kadang-kadang pertukaran panas, mereka mendiskusikan: Apakah agama kekuatan untuk kebaikan atau kejahatan? Bisakah hidup berdampingan dengan ilmu pengetahuan? Apakah ilmu agama baru? Dan mengapa jika Tuhan tidak ada, adalah agama begitu gigih?

* http://www.aljazeera.com/programmes/general/2012/12/2012121791038231381.html

Tidak ada komentar