Spiritualitas : Agama Baru Untuk New Age

Tantangan dan ancaman semakin ganas ketika umat menghadapi ancaman iblis, dajjal dan sistem dajjal.  muncul pula agama-agama serpihan, new age movement yang meracuni sisa-sisa iman kita.  ujian pada akhir zaman ini amatlah berat untuk dihadapi oleh golongan mukminin apalagi lagi para muslimin tidak kokoh imannya.  huru hara sosial dan kejahilan telah menggugat keharmonian dan kesejahteraan kehidupan manusia. 

New age moment yang dimulai dari peradaban barat karena ketidakpuasan dalam mencari eksistensi tuhan karena kehidupan modern telah berkembang tidak hanya oleh bangsa barat yang mayoritas beragama kristen dan yahudi kini di sisa-sisa kehidupan dunia yang fana ini telah merebak kedalam berbagai agama seperti hindu, budha sebagai contoh reiki dan  agama islam sebagai contoh : ahmadiyah, agama tuhan dari Pakistan, kebenaran asalama di Malaysia, ahmadiyah, LDII, komunitas Lia Eden, Ahmad Musadeq dan lain-lain di Indonesia.

Mungkin anda belum mengerti dari mana awalnya  new age moment atau gerakan zaman baru ini berkembang saya ulas sekilas :


Spiritualitas : Agama Baru untuk New Age

New Age Movement adalah gerakan yang secara filosofis meganggap semua agama memiliki tujuan yang sama. Gerakan ini pertama kali tercetus pada tahun 1960 (pertengahan abad ke-20).


Gerakan New Age memiliki akar dalam sejarah kuno, meskipun kebangkitan New Age seperti yang kita kenal sekarang, berlabuh di 1860-1890, dalam pekerjaan Rusia kelahiran Madame Blavatsky Helena (1831-1891).

Madame Blavatsky : "Ajaran dalam volume ini milik tidak ke Hindu, Zoroaster , Kasdim,  Buddha, Islam, Yahudi, atau Kristen secara eksklusif. Doktrin Rahasia adalah inti dari semua ini. Bermunculan dari dalam asal-usul mereka, berbagai agama skema sekarang dibuat untuk menggabungkan kembali ke elemen asli mereka, dari mana setiap misteri dan dogma telah tumbuh, berkembang, dan menjadi terwujud. "

pasal satu. Peran penting dari Helena Blavatsky terbaik dapat diilustrasikan dengan kutipan berikut:

"..Helena Blavatsky .....berdiri sebagai sumber dari pemikiran okultisme modern, dan itu baik pencetus dan / atau popularizer banyak ide dan istilah yang memiliki abad kemudian dirakit dalam Gerakan New Age. Theosophical Masyarakat, yang ia dirikan, telah menjadi pendukung utama filsafat okultisme di Barat dan jalan yang paling penting dari pengajaran Timur ke Barat. "(J. Gordon Melton, Jerome Clark dan Aidan A. Kelly, editor, Almanac New Age, Detroit, Michigan, Gale Research Inc, 1991, hal. 16, dikutip dalam arsip Blavatsky on-line)



Secara umum, gerakan ini memadukan ajaran agama-agama Timur seperti Buddha, Hindu, dan Taoisme dengan ilmu pengetahuan seperti fisika kuantum, astrologi, metafisika, atau bahkan noetic science.

The New Age movement includes elements of older spiritual and religious traditions ranging from Monotheism through Pantheism, Pandeism, Panentheism, and Polytheism combined with Science and Gaia philosophy; particularly Archaeoastronomy, Astronomy, Ecology, Environmentalism, the Gaia hypothesis, UFO religions, Psychology, and Physics.

The New Age bertujuan untuk menciptakan "spiritualitas tanpa batas atau dogma yang membatasi" yang inklusif dan pluralistik.  Ini memegang untuk "holistik pandangan dunia",  menekankan bahwa Pikiran, Tubuh dan Roh saling berhubungan  dan bahwa ada bentuk monisme dan kesatuan seluruh alam semesta.  Ia mencoba untuk menciptakan "pandangan dunia yang meliputi ilmu pengetahuan dan spiritualitas"  dan mencakup sejumlah bentuk ilmu pengetahuan mainstream serta bentuk-bentuk ilmu yang dianggap pinggiran.


Asal-usul gerakan ini dapat ditemukan dalam astrologi dan alkimia abad pertengahan, seperti tulisan Paracelsus, dalam kepentingan Renaissance di Hermetisisme, dalam mistisisme abad ke-18, seperti yang dari Emanuel Swedenborg, dan keyakinan dalam magnetisme binatang yang didukung oleh Franz Mesmer. Pada 19 dan awal abad ke-20, penulis seperti Godfrey Higgins dan esotericists Eliphas Levi, Helena Blavatsky, dan George Gurdjieff sejarah tertentu diartikulasikan, kosmologi, dan beberapa prinsip filosofis dasar yang akan mempengaruhi gerakan. Ini mengalami kebangkitan sebagai hasil kerja individu seperti Alice Bailey dan organisasi seperti Theosophical Society. Ini mendapatkan momentum lebih lanjut pada tahun 1960, mengambil pengaruh dari metafisika, filsafat perennial, psikologi self-help, dan berbagai guru India yang mengunjungi Barat selama dekade tersebut. Pada 1970-an, ia mengembangkan komponen sosial dan politik.


New Age Movement beranggapan bahwa alam semesta adalah manifestasi dari Tuhan. Jadi, Tuhan adalah energi yang membuat alam semesta (macro cosmos) ini bekerja. Dan manusia adalah faktor penting di dalam pengerjaannya (micro cosmos). Sehingga manusia sangat mungkin untuk menyatukan diri dengan alam semesta. Hal itu dapat dicapai dengan membangkitkan jiwa, raga, dan alam pikiran (awakening of the mind, body, and spirit). Yaitu melalui meditasi, yoga, dan perenungan yang dalam.

Awal  perkembangannya, new age movement menjadi semakin kontroversial. Karena beberapa ajarannya bertentangan dengan ajaran agama samawi (agama yang ajarannya berasal dari wahyu, dari Tuhan). Apalagi, new age tidak meyakini adanya malaikat dan setan, surga dan neraka, juga nabi atau utusan Tuhan. Namun jika ditinjau lebih jauh sebenarnya mereka bukan tidak menyakini adanya malaikat dan setan, surga dan neraka, juga nabi atau utusan Tuhan itu adalah pernyataan yang salah Istilah new age awal mulanya dirancang  mengacu pada usia astrologi kedatangan aquarius dalam agama yunani kuno dan dalam agama hindu dan budha yaitu Maitreya atau kalki Avatar. Sedangkan New Age Movement di Barat secara khusus menargetkan masyarakat Kristen untuk mempersiapkan mereka untuk menerima "Kosmik Kristus"


Dalam skenario yang paling minimalis, peran New Age movement  / konsep gerakan zaman baru ini, tampaknya telah mempersiapkan umat Islam untuk penerimaan Dunia Guru dengan mencoba membuka segel kenabian dan finalitas ajaran Al quran melalui pengenalan seorang nabi baru dengan wahyu baru, seorang nabi baru yang mengaku, benar-benar sejalan dengan okultisme Teosofi Helena Blavatsky, bahwa ia adalah pemersatu semua agama : Krishna, Kristus, Mahdi, Mesias, Imam Mahdi, Yesus, Muhammad (saw), semua bersatu dalam pribadi-Nya. Rencana ini dirancang lebih dari 130 tahun yang lalu, bahwa sekarang Maitreya akan muncul. Tugasnya adalah tidak menjadi baru Guru Dunia, itu adalah untuk mematahkan perlawanan melawan seperti Guru Dunia dalam Islam. Jika satu miliar umat Islam akan tetap segel pada kenabian dan finalitas wahyu, maka gagasan untuk New World Order tidak akan berdiri dalam kesempatan.


Sehingga filosofi terkadang menarik inspirasi dari agama-agama utama dunia : Buddhisme, Taoisme, agama rakyat Cina, Kristen, Hindu, tasawuf, Yudaisme (terutama Kabbalah), Sikhisme, dengan pengaruh kuat dari agama-agama Asia Timur, Esotericism, Gnostisisme, Hermetisisme, Idealisme, paganisme,  New Thought, Spiritualisme, Theosophy, Universalisme, dan Tradisi kebudayaan

Sementara itu, ajaran new age movement ini sangat mudah diaplikasikan dan bersifat universal. Terlebih lagi, ritual new age seperti meditasi, perenungan, dan afirmasi positif bisa membantu menyembuhkan penyakit yang berasal dari jiwa dan pikiran. Karena saat ini banyak orang yang jengah dengan kehidupan yang datar dan jauh dari ketentraman batin. Sehingga banyak orang yang tanpa sadar telah mengikuti aliran new age.


__________________
sumber : 
https://en.wikipedia.org/wiki/New_Age
http://www.cephasministry.com/nwo_maitraya_freemasonry.html

Tidak ada komentar